Thursday 12 March 2009



Rabu, 11 Maret 2009

Virus PC pada Windows dan Linux

Seperti Windows, Virus juga dapat di temui pada Linux. Namun sangat jarang terdengar isu tentang virus pada Linux.

Linux tak menjadi sasaran empuk bagi virus. Pengguna Linux yang lebih sedikit di banding dengan Windows, dan sistem keamanan pada Linux jauh lebih kuat di bandingkan dengan Windows. Hal ini menjadi slah satu alasan mengapa pembuat virus tak menjadikan Linux sebagai sasaran.
Sistem keamanan Windows cukup lemah, dari awal muncul nya OS Windows, Windows sudah memiliki banyak celah kelemahan, yang kemudian di manfaatkan untuk berkembang biak nya virus.

Pada Linux Setiap user memiliki hak akses dan properti, jika virus tak memiliki hak akses, maka virus tak akan dapat menyerang.Default user Linux adalah user biasa, bukan root (Administrator pada Windows), hal ini menyebab kan virus tak memiliki hak akses penuh, jadi virus akan lebih sulit menyerang. Administrator (root pada Linux) adalah default uder pada Windows, virus akan memiliki hak akses penuh pada komputer.

Tak ada tool yang memudahkan pembuatan virus pada Linux
Pada Windows, banyak ditemuakn tool untuk virus yang notabene sangat mudah di pergunakan. Tak perlu seorang ahli virus untuk membuat vius pada Windows. Kemudahan yang di tawarkan Windows ternyata menjadi boomerang untuk merusak Windows itu sendiri. Selain memiliki sistem keamanan yang lebih kuat dan sulit untuk di tembus oleh virus, Linux juga tidak memiliki tool bagi para pembuat virus komputer pada Linux.

Pembuat virus adalah orang Linux
pandangan ini bisa dibilang muncul dari komunitas anti-Linux. Tapi apakah ada bukti kebenaran tentang hal ini ? sampai sekarang belum terbukti kebenaran nya. Virus pada komputer muncul pada 1986, yang dikenal sebagai virus brain, yang di buat oleh seorang programmer asal pakistan. Pada saat itu komputer masih menggunakan DOS (Windows baru muncul versi 1.0 dan Linux belum di buat).

linux dapat di katakan jauh lebih aman dan bebas dari gangguan virus, karena jarang nya di temukan virus pada Linux.