Thursday 12 March 2009



Rabu, 11 Maret 2009

Menghapus Virus Dengan Linux

ternyata, virus komputer pada PC generasi sekarang lebih gampang untuk di basmi, di bandingkan dengan saat pertama kali virus komputer muncul pada 1986. Virus pada awal yang banyak menyerang dan bersembunyi pada master boot record (MBR) & program executable (*.exe dan *.com), berbeda dengan virus komputer yang baru bermunculan dan menonjolkan diri sehingga lebih mudah di temukan untuk di basmi.

Virus pada awalnya yang bermunculan di buat dengan menggunakan bahasa mesin (assembly language) sehingga dapat bersembunyi pada MBR dan file executable. kebanyakan virus yang baru bermunculan dibuat dengan script language seperti VB Script, secara tekhnis berada di bawah assembly language, sehingga tidak terlalu tersembunyi atau lebih terlihat.

pada komputer yang menggunakan OS Windows beberapa virus terlihat lebih tersembunyi atau samar.
namun virus komputer dapat terlihat dengan jelas ketika menggunakan OS Linux atau menggunakan Live CD, DVD dan 3D OS pada Ms Windows. Ketika membuka file manager pada Windows dengan menggunakan Linux live, maka virus akan terlihat pada file manager dari Linux, Virus komputer dapat di hapus tanpa menggunakan program atau aplikasi bantu apapun, seperti menghapus file lainnya dengan menggunakan tombol Del.

Dibandingkan dengan menggunakan program anti virus, akan lebih membuang waktu ketika mendeteksi & menScan Virus.

tak perlu khawatir dengan gangguan virus ketika virus2 baru bermunculan pada saat anti virus yang bersangkutan belum di publikasikan.